Halaman

Sabtu, 5 Disember 2009

Dua-dua Pun Ummi Sayang....

Assalamualaikum....
Salam penuh kasih sayang buat permata hati ummi dan papa

Semenjak kelahiran adik kecil Uwais ,si kakak Ardhini ni suka sgt buat macam-macam....kdg2 pening juga kepala di buatnya...picit, cubit adik Uwais dan kadang sampai menangis di buatnya hero kecil ni.

Ummi pening kepala sebenarnya...kakak ni cemburu ke?dan kadang-kadang bimbang di buatnya.Anak-anak ummi , ummi sayang semuanya.Walaupun Dhini dah ada ramai adik pun nanti ,ummi dan papa tetap sayangkan Dhini.
Jadi anak yang soleh tau...mudah-mudahan Allah swt sentiasa merahmati kita.
Saya titipkan artikel sebagai panduan untuk ibu-ibu mengatasi masalah ini,semoga bermanfaat untuk kita.


Cara mengatasi cemburu anak sulung pada adiknya


Kehadiran buah hati sangat ditunggu oleh seluruh anggota keluarga bahkan betapa senangnya sikakak akan mendapat adik. Namun ketika perhatian kedua orang / orang-orang disekitar lebih besar kepada sikecil dikhawatirkan kecemburuan akan muncul dari diri sikakak.Cemburu sangat alami merupakan perasaan ketakutan kehilangan/berkurangnya perhatian, kasihsayang atau apalah yang di rasakan selama ini untuk berbagi dengan yang lainnya.

Jika cemburu hadir pada remaja/dewasa mungkin tidak akan menjadi persoalan kerena bisa diajak bicara untuk diskusi, namun jika cemburu itu hadir pada buah hati kita yang masih kecil bagaimana mengatasinya?.
Sebelum kita mendiskusikan solusi mengatasi cemburu pada diri buah hati kita yang masih kecil kita harus tahu dahulu penyebab cemburu, berdasarkan pemikiran saya & sumber bacaan yang saya juga lupa judulnya secara garis besar adalah :
  1. Ketika masih sendiri dia adalah anak kesayangan dengan kehadiran adiknya dia takut jika dia tak lagi menjadi anak kesayangan.
  2. Perkembangan sikecil dari waktu ke waktu menjadi perhatian seluruh keluarga sehingga dia merasa tidak diperhatikan lagi.
  3. Perhatian kedua orang tua yang memang tidak adil karena si adik merupakan harapan yang terkabul (misal keinginan melahirkan Laki-laki/perempuan & sesuai harapan)


Sebenarnya apa yang sering dilakukan(pelampiasan) si kakak jika cemburu melanda :

Pelampiasan yang bersifat Negatif yang sering dilakukan oleh sikakak jika cemburu melanda :

  1. Mencari-cari perhatian dengan berbagai cara cengeng,susah diatur, melawan dll yang bersifat tidak baik.
  2. Menyakiti adiknya karena kekesalan yang ia rasakan karena perhatian orang dewasa disekitarnya terbagi.

Mungkin saat kita lelah mengurus si adik tanpa sengaja kita akan bereaksi yang berlebihan terhadap sikap & tingkah laku si kakak, sebenarnya ini tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan penolakan dalam hati si kakak sehingga dapat memumpuk prilaku negatif yang tidak kita harapkan.

Pelampiasan Positif yang sering dilakukan oleh sikakak jika cemburu melanda :


  • selalu menyayangi adiknya dengan cara menunjukkan kasih sayangnya didepan orang lain dengan harapan mendapat pujian dari orang dewasa disekitarnya karena sayang dengan adiknya.

Jika pelampiasan positif yang dilakukan coba lah sesekali memberi pujian kepadanya agar timbul kebanggaan sehingga dia akan bersemangat melakukan perbuatan positif kepada adiknya.

Cemburu yang melanda buah hati kita kepada adiknya haruslah dikelola oleh kita dengan baik agar tidak menimbulkan impak negatif saat tumbuh dewasa nanti, Kesan cemburu yang tidak dikelola dengan baik oleh kita :

  • Cemburu yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan iri, dengki kepada sesama saudara sehingga hubungan adik kakak tidak erat bahkan bisa jadi saling bermusuhan.

  • Cemburu yang tidak dikelola dengan baik akan akan menimbulkan buruknya hubungan anak dan orang tua karena si kakak merasa orang tuanya pilih kasih kepadanya.

  • Cemburu yang tidak dikelola dengan baik akan akan menimbulkan sifat yang kurang baik pada si kakak seperti tidak percaya diri, rendah diri karena selama ini selalu disalahkan oleh kedua orang tuanya dan jarang mendapat pujian dan pembelaan.

Kesan yang timbul dari masalah yang kita(orang dewasa) anggap remeh ternyata sangat besar bagi perkembangan buah hati kita, untuk itu mari kita mencuba untuk mengelola cemburu yang timbul pada buah hati kita tatkala lahir sang adik. Berikut ini alternative untuk mengelola cemburu si kakak yang dapat saya kumpulkan dari berbagai sumber :

Sebelum si Adik lahir :

  • Ceritakan pada buah hati bahwa suatu saat dia akan memiliki adik dan bisa jadi teman bermain.

  • Ajak menjenguk sahabat/ teman melahirkan agar ia mengetahui adik baru adalah bagian dari kehidupan keluarga.

  • Ajak si Kakak saat ke dokter terutama USG untuk melihat perkembangan calon adiknya agar sayang pada adiknya tumbuh subur.

  • Ajak si kakak untuk mempersiapkan kelahiran seperti belanja keperluan si adik dan keperluan melahirkan.

  • Berikan contoh berupa tontonan yang mendidik tentang kasih sayang saudara sekaligus diberikan penjelasan kepada nya tentang betapa indahnya kasih sayang.

Setelah si adik Lahir :

  • Libatkan si kakak dalam kegiatan perawatan si adik seperti memberi susu, memandikan, dll yah sekedar melihat(nonton) agar timbul dalam dirinya kesedaran bahwa dia juga seperti itu dulu.
  • selalu menjelaskan bahwa si adik selalu membutuhkan perawatan dan pertolongan karena dia belum bisa melakukan sendiri.

  • selalu ucapkan bahwa kasihsayang kita kepada keduanya tidak dibebda-bedakan.

  • ucapkan pujian kepada sikakak atas bantuannya membantu kita dalam merawat si adik agar timbul padanya semangat dalam membantu & sayang pada adiknya.

Semoga bisa menjadi pengetahuan kita semua, semoga keluarga-keluarga kita menjadi keluarga yang bahagia. Amin.....

Tiada ulasan :